Bersolek Sambut Pesta Akbar





BERSAMA DUKUNG KETAHANAN PANGAN



PROGRAM ketahanan pangan pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi menjadi salah satu program prioritas nasional. Terdapat 3 poin dalam Nawa Cita yang dinilai sangat terkait dengan ketahanan pangan nasional, yaitu Menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga Negara, Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan dan Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi dan domestik.
Pada edisi kali ini, KIPRAH khusus membahas terkait ketahanan pangan dengan menghadirkan informasi terkait pembangunan bendungan yang telah rampung maupun yang sedang dalam proses pengerjaan. Seperti Bendungan Karian yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Banten, yang memiliki luas area genangan 1.740 hektare dan sekaligus merupakan bendungan terbesar ketiga setelah Bendungan Jatiluhur di Bekasi, Jawa Barat dan Bendungan Jatigede, Jawa Barat kini pembangunannya mencapai 47 persen. ‘‘Sejauh ini, progress konstruksinya sudah lebih dari 47 persen. Pembangunannya memasuki pengerjaan tubuh bendungan’’ ujar Menteri Basuki, menguatkan hal ini.
Adapula informasi terkait bendungan lainnya, seperti Bendungan Nipah di Jawa Timur yang mampu menyokong 1.150 hektare lahan pertanian yang menjadi produktif, Bendungan Bajulmati di Jawa Timur yang setelah beroperasi bukan hanya membantu mendukung ketersediaan air dan ketahanan pangan serta energi nasional, namun juga dapat menopang pengembangan destinasi wisata di provinsi Jawa Timur.
Selain itu, ditahun 2018 mendatang, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan 9 Bendungan akan selesai, informasi selengkapnya dapat dibaca pada rubrik laporan utama. Seluruh informasi yang ada pada rubrik laporan utama kami sajikan dua versi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia yang sekaligus menjadi salah satu rubrik khusus majalah KIPRAH disetiap tahunnya.
Simak informasi kami lainnya seperti perkembangan konstruksi Tol Cisumdawu seksi 1 Cileunyi-Rancakalong yang akan dimulai pada awal tahun 2018 mendatang, program prioritas Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) tahun 2019-2022, Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Jawa Barat yang menjadi bagian pengendalian banjir di Jakarta serta kunjungan kerja Komisi V DPR RI yang melakukan pembahasan terkait peninjauan kondisi ruas jalan nasional Pantai Utara Jawa (Pantura) menyambut libur Natal dan Tahun Baru.
Bukan hanya itu, mantan artis cilik era tahun 90’an yang namanya melambung berkat lagu ‘‘Baju Baru’’ yang kerap dinyanyikan oleh anak-anak pada saat menjelang hari raya Idul Fitri ini menuturkan bahwa untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional bisa dimulai dengan hal sederhana, yaitu dengan mengkonsumsi hasil pangan lokal di rumah ‘‘Saya percaya dengan membiasakan diri mengkonsumsi pangan lokal dipercaya bisa memberi semangat pada petani kita untuk terus meningkatkan produksi pertanian’’, ujarnya. Untuk itu, mari kita bersama menjaga ketahanan pangan nasional Indonesia dengan cara kita. Salam infrastruktur!.