Infrastruktur Jalan Siap Dukung Mudik 2017





AGAR MUDIK LANCAR


RAMADAN akan segera usai, gerbang kemenangan akan segera kita jelang. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya perayaan kemenangan atas hawa nafsu ini menjadi momen kegembiraaan yang sudah selayaknya dibagi bersama keluarga tercinta.

Agar momen terindah bersama keluarga tercinta tersebut lebih bermakna, oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya keras untuk melayani lebih baik dengan meningkatkan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang akan dilalui para pemudik. “Kami menyadari bahwa mudik sebagai the real happiness masyarakat. Untuk itu kami akan memberi pelayanan yang baik bagi pemudik agar mudik lebih cepat, lebih mudah, lebih aman dan nyaman,’’ kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam satu kesempatan.

Dari yang bisa dirangkum Kiprah dalam Laporan Utama, kesiapan infrastruktur jalan tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Seluruh ruas jalan nasional yang menjadi jalur utama yang dilalui pemudik dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi dalam kondisi mantap. Selain itu turut dilaporkan bahwa beberapa ruas jalan yang tengah dilakukan perbaikan rutin akan dihentikan pada H-10 Lebaran.

Di luar itu, ada kabar gembira lainnya yaitu penambahan 402 kilometer jalan tol yang dapat dilalui pemudik pada tahun ini. Ruas tol tersebut yakni mulai Brebes Timur hingga Weleri sepanjang 110 kilometer. Ruas tol lainnya yang fungsional yakni dari Semarang hingga Surabaya sepanjang 227 kilometer dan empat ruas tol di Sumatera sepanjang 65 kilometer.

Dengan berfungsinya jalan tol dari Brebes Timur hingga Weleri, para pemudik sudah melewati beberapa kota yang tahun kemarin terjadi kemacetan seperti Brebes, Tegal, Pekalongan dan Batang. Untuk mengurai antrean keluar tol, juga terdapat 6 pintu keluar yakni dua ke arah utara lintas utama dan empat ke arah selatan. Pada ruas-ruas baru tersebut, juga disiapkan kantong parkir yang menyediakan toilet, parkir, dan mushala.

Selain itu, empat fly over yang dibangun Kementerian PUPR di Kabupaten Brebes yaitu, Dermoleng, Klonengan, Kesambi, dan Kretek ditargetkan bisa dilalui pada H-10 Lebaran untuk mengurai kemacetan akibat perlintasan kereta api.

Sementara di Sumatera ada 65 kilometer Jalan Tol Trans Sumatera yang difungsikan yakni Tol Bakaheuni – Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, Medan – Binjai, dan Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi.

Tidak melulu tentang Jalur mudik, dalam Kiprah edisi juga mengangkat beberapa tulisan menarik di rubrik yang lain seperti tentang Waduk Bili-bili, Underpass Simpang Lima Makassar, Bendungan Kuningan dan beberapa tulisan lain.

Akhir kata kami dari redaksi Majalah Kiprah memohon dibukakan pintu maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penyampaian tulisan. Selamat berkumpul bersama keluarga dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Minal Aidzin Wal Faidzin. Salam Redaksi.