Inovasi Teknologi Bidang Infrastruktur





Litbang pupr, inovasi tiada henti


Majalah Kiprah edisi kali mengedepankan tema seputar hasil penelitian dan pengembangan (litbang) teknologi bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemilihan tema ini bukan sembarang pilih, melainkan karena belakangan nama hasil-hasil produk litbang PUPR mulai banyak muncul di berbagai media.

Yang terbaru, sebut saja Jembatan (Fly Over) Antapani, yang beberapa waktu lalu diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP) yang digunakannya lebih cepat dan lebih murah dibanding teknologi konvensional.

Bukan itu saja, sebelumnya ada beberapa teknologi yang sudah banyak dikenal masyarakat. Contohnya adalah RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat), teknologi pengolah air limbah, Judesa (Jembatan Untuk Desa), jembatan apung, SINDILA (Sistem Informasi Dini Lalu Lintas), pemanfaatan asbuton (aspal batu buton) dan masih banyak lagi. Ke depannya, proyek-proyek infrastruktur PUPR yang akan dibangun, sedapat mungkin menggunakan hasil-hasil litbang PUPR.

Walaupun demikian, Menteri Basuki tetap meminta para peneliti untuk bisa menghasilkan hasil-hasil penelitian yang bisa diterapkan oleh masyarakat atau bersifat tepat guna. Menanggapi hal ini, Kepala Balitbang PUPR, Dr. Danis H. Sumadilaga juga menegaskan bahwa litbang PUPR akan diarahkan ke hilir atau bersifat aplikatif.

Tidak melulu soal litbang, Kiprah edisi ini juga menengahkan beberapa bahasan lain seperti perkembangan Jalan Tol Solo-Kertosono di Jawa Tengah, Jalan Tol Bitung Manado di Sulawesi Utara, perkembangan Bendungan Kuwil di Sulawesi Utara, perkembangan jalan Trans Papua, serta Wisma Atlet Kemayoran.

Tidak lupa liputan prestasi membanggakan yang diraih Majalah Kiprah dalam ajang Inhouse Magazine Awards (InMA) 2017 yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers Indonesia dengan menyabet sertifikat Golden Award dalam kategori Majalah Internal Lembaga Pemerintah.

Untuk rubrik wacana, tersedia dua tema yaitu Undang-Undang Bangunan dan Kota Hijau, sementara rubrik profil kali ini mengangkat Kepala Balitbang PUPR, Dr. Danis H. Sumadilaga.

Akhir kata, mari kita sambut tahun 2017 ini dengan semangat baru membangun infrastruktur Untuk Negeri. Salam redaksi.