Hari Air Dunia 2010, Momentum Harapan Air Yang Berkualitas





Kualitas Air Untuk Indonesia Sehat

Makhluk hidup yang ada di muka bumi ini setiap hari pasti membutuhkan air demi kelangsungan hidupnya. Air, merupakan salah satu sumber daya alam yang sampai saat ini belum dapat tergantikan fungsinya oleh zat atau unsur lain. Kebutuhan manusia terhadap air tidak pernah berkurang, bahkan cenderung mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan waktu dan kebutuhan sosial dan perekonomian. Akibat hal tersebut, masyarakat menuntut agar sumber daya air dikelola sedemikian sehingga mampu menyediakan air dalam jumlah yang cukup, mengendalikan daya rusak air serta menjaga kualitas air.

Hari Air Dunia, atau World Water Day yang dirayakan setiap tanggal 22 Maret tiap tahunnya, merupakan suatu momentum untuk mengingatkan kembali kepada kita agar menjaga kelangsungan sumber daya air. Untuk tahun ini, tema dunia dari Hari Air Dunia adalah Communicating Water Quality, Challenges and Opportunities dan tema nasionalnya adalah Pentingnya Kualitas Air Untuk Indonesia Sehat.

Tema ini diambil dengan dilatarbelakangi oleh kondisi kualitas air di dunia yang semakin lama semakin buruk, tercemar oleh limbah industri, permukiman dan lain-lain. Meningkatnya jumlah penduduk dalam suatu wilayah, khususnya di perkotaan, mengakibatkan meningkat pula limbah permukiman seperti limbah tinja, rumah tangga dan sampah. Tingginya kandungan bakteri coli sering dijumpai pada sumber air di wilayah permukiman.

Hal ini juga diperparah dengan  banyaknya pabrik pabrik yang tidak optimal dalam mengelola limbahnya, seringkali limbah yang dibuang ke air tidak diolah lebih dahulu, sehingga bahan kimia berbahaya mencemari sumber daya air. Tidak hanya di perkotaan yang tercemar, di wilayah perdesaan sudah mulai tercemar karena penggunaan pestisida dan pupuk.

Melalui momentum peringatan Hari Air Dunia tahun 2010, kita telah bersama sama mewaspadai penurunan kualitas air dan bersama-sama pula melakukan gerakan bersih terhadap kondisi sumber air kita, danau, sungai, mata air demi kelangsungan makhluk hidup di masa mendatang.