Agar Borobudur Makin Mendunia

Revitalisasi tidak hanya dilakukan pada candi. Penataan kawasan sekitar juga menjadi strategi pemerintah untuk meningkatkan Borobudur menuju pariwisata terbaik dunia.

Utamakan Kelestarian Wisata Bromo Tengger Semeru

Kendati pengembangan infrastruktur dilakukan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya agar realisasi kegiatannya tetap menjaga kelestarian alam kawasan wisata Bromo Tengger Semeru.

Infografis KSPN Bromo-Tengger-Semeru

Wisatawan akan lebih mudah menuju kawasan wisata Bromo - Tengger - Semeru dan lokasi wisata lainnya di Jatim karena dibangunnya jalan tol Gempol-Pasuruan , sistem drainase dan melakukan peningkatan jalan lingkungan Desa Ranu Pani di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru

Infografis Masterplan Mendukung KSPN Borobudur

Kementerian PUPR melakukan penataan kawasan di sejumlah destinasi wisata seperti kawasan Candi Mendut, Candi Pawon, dan Puthuk Setumbu. Selain itu juga dilakukan peningkatan akses jalan dari Bandara baru di Kulonprogo.

Infografis Masterplan Kawasan Pariwisata Morotai Tahun 2025

Dalam mendukung pengembangan KSPN Morotai, BPIW telah melakukan penyusunan Master Plan dan Development Plan (MPDP) yang memuat program 10 tahunan dan 5 tahunan, yang kemudian didetailkan ke dalam program jangka pendek dan tahunan. “Untuk selanjutnya perlu dilakukan pembangunan fisik oleh unit organisasi teknis di Kementerian PUPR

Infografis Masterplan Kawasan Pariwisata Wakatobi Tahun 2025

Pengembangan KSPN Wakatobi di Sulawesi Tenggara mendapat dukungan penuh dari Kementerian PUPR melalui perencanaan yang dibuat BPIW. Perencanaan infrastruktur di kawasan pariwisata tersebut dilakukan dengan pendekatan Wilayah Pengembangan Strategis (WPS). Hal itu dimaksudkan agar wilayah itu dapat berkembang menjadi wilayah yang kawasan pertumbuhannya saling terhubung satu sama lain. 

Infografis Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Penataan kawasan, penanganan sanitasi,dan pembangunan kawasan wisata Kepulauan Seribu dan sekitarnya sebagai destinasi pariwisata nasional dan internasional yang memiliki kekayaan bahari dengan tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem yang mampu menarik kunjungan 500 ribu wisatawan pada tahun 2019  

Membangun Infrastruktur Waspada Bencana

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Komisi Keamanan Bendungan (KKB) dan Komisi Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKNTJ) untuk mewujudkan infrastruktur yang tangguh serta merespon tantangan kebencanaan.