Dukung Kawasan Ekonomi Khusus, Flyover Pertama di Sulawesi Tengah Hadir di Palu

Untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas jalan Trans Sulawesi yang melintas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Palu, pemerintah membangun flyover.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat pembangunan jalan layang (flyover) Pantoloan yang terletak di Kelurahan Pantoloan, Kota Palu.

Flyover tersebut dibangun untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas jalan Trans Sulawesi yang melintas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kota Palu, sekaligus untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kemacetan yang diakibatkan dari Pelabuhan Pantoloan.

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan, konstruksi flyover pertama di Sulawesi Tengah ini sedang dikerjakan. Pembangunan ini juga untuk menstimulus pekerjaan yang lain pasca bencana. “Saat ini progresnya mencapai 60% dan ditargetkan akan selesai pada awal tahun 2020,” katanya saat melakukan Kunjungan Kerja (kunker) di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Menurut Wamen Wempi, pembangunan jalan layang ini sebagai usaha untuk meningkatkan kegiatan perekonomian di Kota Palu dan meningkatkan konektivitas masyarakat Palu.

“Untuk itu perlu tersedianya aksesibilitas dan mobilitas yang memadai dari pusat-pusat perindustrian menuju pelabuhan dan jalur distribusi lainnya sehingga akan memudahkan para pelaku usaha dan meningkatkan kegiatan perekonomian setempat,” ujar Wamen Wempi.

 

Selengkapnya pada KIPRAH Vol 101/Tahun XIX/Edisi November 2019 ''Capaian dan Keberlanjutan Pembangunan Infrastruktur''