Masjid Istiqlal dalam Masa Pemugaran

Renovasi Masjid Istiqlal telah dimulai. Sejumlah pekerja pun tampak sibuk memperbaiki area di pelataran depan masjid. Beberapa kendaraan pengangkut material pun terparkir tak jauh dari lokasi tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan perbaikan itu menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Masjid Istiqlal, akhir Mei 2018 yang bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Kementerian PUPR menargetkan renovasi masjid dapat rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun depan. Karena itu, pengerjaannya tidak sekadar ingin cepat selesai, tetapi harus mengutamakan kualitas dari pemugaran yang dilakukan. 

Total biaya renovasi Masjid Istiqlal sebesar Rp 465,3 miliar sesuai kontrak kerja yang bersumber dari anggaran negara (APBN) selama periode 2019-2020. Masa pekerjaan selama 300 hari kalender. Adapun kontraktor pelaksananya adalah PT Waskita Karya (Persero) dengan konsultan Manajemen Konstruksi yaitu PT Virama Karya.

Area renovasi meliputi tiga zona. Pertama, zona utama di area kegiatan masjid seperti lantai utama masjid, mihrab, dan interior. Zona kedua adalah zona pendukung seperti gerbang, koridor, ruang wudu, toilet, basemant, renovasi sistem signage dan perbaikan sistem mekanikal elektrical serta plumbing bangunan masjid. Zona ketiga yakni area publik seperti penataan ulang kawasan plaza, pedestrian, dan
taman.

Selain itu juga akan dilakukan perluasan parkir masjid yang berada di basement menjadi dua lantai sehingga mampu menampung kendaraan roda empat sebanyak 2.000 unit dari sebelumnya 800 unit. Pada saat bersamaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga sedang mengerjakan perbaikan sistem penyaluran dan pengolahan limbah di kawasan Masjid Istiqlal.

Desain renovasi arsitektur Masjid Istiqlal akan menerapkan prinsip minimalis dengan mempertimbangkan keberadaannya di kawasan beriklim tropis. Kapasitas Masjid Istiqlal mampu menampung 200.000 jamaah. Arsitek yang mendesain renovasi adalah Munichy Bachron Edrees.