Akses Perbatasan Mulai Terhubung

Pembangunan jalan ini merupakan bagian program pembukaan isolasi wilayah melalui pemenuhan infrastruktur jalan dan jembatan. Jalan tersebut merupakan usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara itu, merupakan bagian dari ruas jalan yang dibuka untuk menghubungkan Malinau-Krayan.

Menurut data yang ada, Kementerian PUPR menargetkan pengerjaan pembangunan jalan perbatasan sepanjang 997 km di Provinsi Kaltara. Dari total tersebut, pengerjaan dibagi ke dalam dua target, yakni jalan paralel perbatasan sepanjang 640 km dan jalan akses perbatasan sepanjang 357 km.


Informasi dari Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Perbatasan Provinsi Kaltara, pemetaan jalan paralel perbatasan seluruhnya berada di Kabupaten Malinau yang meliputi ruas jalan Long Boh-Long Nawang-Data Dian. Sedangkan jalan akses perbatasan, pengerjaannya meliputi akses jalan Malinau-Long Bawan-Long Midang sepanjang 202 km dan akses jalan Mansalong-Tau Lumbis (Nunukan) sepanjang 155 km.


Kami juga mengapresiasi Direktorat Zeni Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Ditziad) yang ikut terlibat membantu Kementerian PUPR dalam pengerjaan pembangunan jalan di perbatasan. Terdapat empat ruas jalan perbatasan yang akan dibangun tahun ini. Seluruh pengerjaan berada di tahap pembukaan hutan. Totalnya ada 97 kilometer, dengan anggaran tersedia sebesar Rp248 miliar dari APBN.