Sumbangsih Bagi Tanah Pasundan

Saat ini Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Beberapa waktu lalu juga telah diresmikan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 dari Ciawi ke Cigombong yang nanti akan dilanjutkan ke Cianjur dan Padalarang. Selain itu Kementerian PUPR juga ikut terlibat dalam pengendalian banjir Sungai Citarum yang sering melanda Kota Bandung. Salah satunya adalah program penyelesaian Kolam Retensi Cieunteung di Kecamatan Baleendah yang berada di sisi Sungai Citarum dan pembangunan.

Pengendalian banjir itu juga didukung dengan membangun dua terowongan air (tunnel) Nanjung di Kecamatan Margaasih yang mampu mengalirkan debit aliran air dari Sungai Citarum ke Curug Jompong agar lebih lancar sehingga mengurangi banjir di Baleendah.

Bahkan, rencananya Jabar juga akan mendapatkan bantuan anggaran dari Kementerian PUPR untuk membantu proyek revitalisasi saluran Citarum di Kalimalang, Bekasi. Dukungan itu langsung dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Beliau berkomitmen akan mengeluarkan dana sekitar Rp40 miliar untuk membantu menyukseskan pengerjaan proyek tersebut sehingga aliran sungai menjadi lebih bersih dan dapat dimanfaatkan sebagai ruang aktivitas warga sekitar.

“Jelas ini merupakan berita yang baik buat warga Jabar. Semoga mimpi revitalisasi Kalimalang bisa segera terealisasi sehingga Kalimalang jadi lebih cantik dan Indah. Terima kasih juga untuk Pak Menteri Basuki. Hatur nuhun (terimakasih -red) untuk bantuannya.”

Memang selama ini Jabar memiliki masalah hidrologis, seperti fenomena banjir yang masih kerap menimpa beberapa daerah. Karena itu saya akan berusaha selama lima tahun ke depan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan Kementerian PUPR untuk menangani persoalan tersebut, khususnya yang terkait dengan pembenahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

“Kita kerja sama menjadikan sungai Citarum dalam lima tahun, Pemprov Jabar dan PUPR akan menjadikan Citarum sungai terbaik. Insha Allah 2019 akan kita kebut pengerjaannya.”

Kami pun berharap Kementerian PUPR dapat menambah proyek-proyek untuk masyarakat Jabar, apalagi Pak Jokowi bilang akan memprioritaskan Jabar. Tidak hanya masalah banjir dan jalan, program lainnya seperti perumahan rakyat untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), bendungan dan berbagai proyek terkait irigasi juga menjadi kebutuhan di Tanah Pasundan.