Bahu Membahu Capai Target Wisatawan

Guna memenuhi target 500 ribu wisatawan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BPIW mendukung akselerasi pengembangan infrastruktur di KSPN Tanjung Kelayang di Provinsi Bangka Belitung. Eksotisme alam Tanjung Kelayang, Bangka Belitung tak bisa dipungkiri. Bukan hanya wisatawan lokal yang datang, ratusan Perahu Yacht mancanegara kerap singgah secara periodik ke Pantai Kelayang, khususnya ketika gelaran Sail Indonesia. Selain singgah, pengguna Perahu Yacht kerap memanfaatkan kawasan pantai untuk melakukan Sour Island Hopping.

Setelah pemerintah memasukkan Tanjung Kelayang dalam program 10 Bali baru, Kementerian PUPR bersama para pemangku kepentingan (stakeholders) terus melakukan pembenahan kawasan destinasi wisata. Tujuannya agar mendongkrak pertumbuhan jumlah wisatawan yang berkunjung.

BPIW, Kementerian PUPR menilai besarnya potensi animo wisatawan ke Kelayang. Targetnya sebanyak 500 ribu wisatawan mancanegara per tahun. Sedangkan jumlah wisatawan domestik ditaksir mencapai sejuta pengunjung. Implementasi pengembangan Tanjung Kelayang dilakukan dengan pembangungan pedestrian, landmark, street furniture, shelter, dan saluran drainase di Desa Keciput dan Tanjung Binga. Selain itu dilakukan juga pengembangan infrastruktur permukiman, pengelolaan sumber daya air, dan penyediaan perumahan. 

Langkah lainnya,yaitu pemeliharaan rutin ruas jalan dan jembatan Tanjung Ru–Pilang– Perawas–Tanjung Pandan–Tanjung Tinggi. Kemudian, pemeliharaan preventif jalan Perawas–Badau (Slurry Seal), pelebaran Jalan Sudirman (Tanjung Pandan–Perawas, pemeliharaan rutin Jalan Junction (Simpang Lima–Tanjung Pandan)– Tanjung Kelayang.

Diharapkan pemerintah daerah dan seluruh elemen terkait dapat memberikan dukungan demi bertumbuhnya pariwisata di Tanjung Kelayang. Dengan begitu, akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di Provinsi Bangka Belitung.